Perlu Memberikan Pidato? Kiat Berbicara Publik Ini Dapat Membantu!

Memiliki keterampilan berbicara di depan umum adalah bagian penting dari rasa percaya diri dengan diri sendiri. Ini adalah keterampilan yang harus Anda miliki, apa pun karier Anda. Jika Anda memerlukan bantuan dengan keterampilan berbicara di depan umum, cobalah kiat dan trik berbicara di depan umum yang sederhana dan efektif yang tercantum di bawah ini.

Jangan pernah berasumsi bahwa Anda akan berada di depan audiensi yang bermusuhan. Mereka memberi Anda waktu dan perhatian mereka. Mereka ingin diberi tahu, dipikat, dihibur dan dipindahkan. Visualisasikan mereka bertepuk tangan untuk Anda, karena mereka mungkin berharap Anda memberi mereka alasan untuk melakukan hal itu pada suatu saat.

Jangan mencoba menjadi orang lain saat memberikan pidato Anda. Jika Anda ingin menarik perhatian audiens, Anda tidak dapat dianggap palsu; audiens Anda tidak akan menganggap Anda serius. Jadi, dengan kata lain, hindari mengatakan hal-hal yang biasanya tidak akan Anda katakan dan jangan lakukan apa pun yang biasanya tidak Anda lakukan.

Jangan mengunyah permen karet atau makan saat Anda berpidato. Mengunyah tidak profesional dan mengganggu audiens Anda. Diijinkan untuk menyesap segelas air sesekali agar tenggorokan Anda tidak kering. Pertahankan agar minimum juga, karena berfungsi sebagai pengalih perhatian dari pesan Anda.

Anda perlu menguasai materi Anda untuk mendapatkan kepercayaan sejati. Pilih subjek yang dekat dengan hati Anda. Pertahankan percakapan sepanjang waktu, dan Anda akan terpesona dengan pengetahuan, bukan flash.

Saat menyiapkan pidato yang berisi banyak informasi, jangan terlalu bangga menggunakan kartu catatan. Bahkan orator yang paling berbakat pun mengakui kegunaan catatan. Lebih baik untuk cepat melirik catatan Anda daripada mengutip informasi yang salah atau menghilangkan poin-poin penting. Ini bekerja baik terutama ketika topik mencakup angka-angka tertentu, seperti jumlah dolar, persentase, dan tanggal.

Pastikan untuk melatih pidato Anda jauh sebelumnya. Sering-seringlah berlatih sehingga Anda dapat menyampaikan pikiran Anda secara alami dan lancar. Gunakan timer untuk menyempurnakan panjang pidato Anda. Dengan cara ini, Anda tidak akan membiarkan audiens menggantung dengan waktu luang, atau memaksa mereka untuk tinggal lebih lama dari yang mereka inginkan.

Jangan pernah meminta maaf, bahkan jika Anda merasa gagal. Meskipun Anda mungkin berpikir kesalahan Anda sangat jelas, audiens Anda mungkin tidak menyadarinya. Jika Anda membuat kesalahan, cepat perbaiki dan teruskan tanpa meminta maaf.

Jangan menyalahkan diri sendiri jika Anda melakukan kesalahan selama presentasi. Kecuali jika informasi yang diberikan salah itu penting, jangan perbaiki kesalahan Anda. Alih-alih, teruskan bicara Anda seolah tidak ada yang terjadi. Jika Anda perlu memperbaiki kesalahan yang Anda buat, minta maaf dan perbaiki kesalahan itu dan lanjutkan.

Ketika tiba saatnya untuk berpidato di tempat umum, cobalah datang lebih awal. Ini dapat membantu Anda menjadi lebih akrab dengan lingkungan Anda. Mengenal tata letak ruangan, mikrofon, dan alat bantu bicara lainnya yang tersedia di ruangan itu dapat membantu Anda menjadi lebih rileks sebelum berbicara.

Cobalah untuk menemukan humor dalam situasi tersebut jika keadaan tidak berjalan sesuai rencana. Ada banyak variabel ketika Anda berbicara di depan umum, yang berarti ada banyak peluang untuk kesalahan. Mikrofon atau proyektor mungkin tidak berfungsi, mungkin ada gangguan daya atau seseorang dapat memasuki ruangan di tengah-tengah pidato Anda. Cobalah untuk mengambil segala sesuatu dengan tenang. Mengambil hal-hal terlalu serius dapat menyebabkan Anda mengalami kehancuran, jadi cobalah menertawakan masalah yang mungkin timbul.

Jika berbicara di depan umum bahkan menjulang di kalender Anda, maka cobalah visualisasi mental pidato Anda. Visualisasikan diri Anda menyampaikan pidato dan pikirkan juga bagaimana reaksi audiens. Ketika Anda melihat diri Anda berbicara secara efektif di depan audiens yang penuh perhatian dan bertepuk tangan, maka Anda benar-benar dapat membantu harga diri Anda untuk peristiwa nyata.

Pelajari sebanyak mungkin tentang audiens Anda. Menyesuaikan pengiriman dan nada Anda memastikan bahwa Anda menyampaikan maksud Anda dengan jelas. Kegagalan untuk menggunakan gaya pengiriman yang tepat kemungkinan akan menyebabkan audiens Anda kehilangan minat dan mempertahankan informasi kunci. Misalnya, Anda dapat mempertimbangkan perbedaan dalam usia, tingkat pendapatan, dan pengetahuan anggota audiensi Anda tentang pokok bahasan.

Pikirkan tentang tujuan pidato Anda. Apakah Anda perlu membujuk seseorang? Apakah Anda berbicara untuk menghibur? Mungkin Anda berbicara untuk mendidik audiens Anda. Selalu ingat tujuan Anda untuk membuat pidato yang hebat. Pastikan bahwa setiap pernyataan dalam pidato Anda bekerja menuju sasaran itu.

Jika Anda ingin sukses, Anda harus memiliki keterampilan berbicara di depan umum yang baik. Adalah penting bahwa Anda dapat menyampaikan maksud Anda dengan jelas dan ringkas ketika Anda berbicara kepada kelompok dengan ukuran berapa pun. Terapkan kiat bermanfaat yang tercantum di atas untuk membangun keterampilan berbicara di depan umum Anda.

Leave a Reply